Teknik instalasi listrik pdf

















Kindly allow me recognise so that I may subscribe. I have a blog that might help you play online. You can click the following link Situs Togel Terpercaya. That is all and thank you. Trimakasih filenya gan tapi banhasa inggris, update yang bahasa indonesianya ya gan.


Salam Gokil. Norton Support phone Number McAfee Customer Service Number Malwarebytes customer support number hp printer support chat canon printer technical support phone number. Hot water boiler pada dasarnya hampir sama dengan Hot Oil Boiler,hanya yang membedakan yaitu pada media penghantar panasanya. Thank you for writing this quality book. New Game. Karna terdesak masalah ekonomi apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau Saya bilang saya terlantar disingapur tidak ada ongkos pulang.


Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa. Fatullah Harun Yang tlah membantu kami sekeluarga. Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan. Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu. Mudah-mudahan kisah hidup kami. Fatullah Harun Fatullah Harun no. We provide Internet services to meet the needs of a range of businesses from small businesses to large enterprise.


Get a secure and reliable WiFi network for your business without the hassle and costs of designing, purchasing, deploying and managing it. Mantap pak salam Jasa service boiler. Untuk diskusi dan opini, silahkan kunjungi "Forum Dunia Listrik" Dapatkan informasi melalui email, setiap artikel baru diterbitkan dengan mendaftarkan alamat email anda di fitur "Registrasi E-mail".


Artikel Blog Dunia Listrik. Artikel Terkait Lainnya:. Newer Post Older Post Home. Bagoes berkomentar:. Unknown berkomentar:. Madu Baru. Validitas data dicek mandiri adalah kegiatan belajar aktif, yang menggunakan teknik validitas internal dan didorong oleh niat atau motif untuk mengu- external triangulation. Teknik validitas inter- asai sesuatu kompetensi guna mengatasi nal triangulation dilakukan dengan cara me- sesuatu masalah, dan dibangun dengan bekal munculkan data yang sama dari orang yang pengetahuan atau kompetensi yang telah sama dengan menggunakan teknik yang dimiliki.


Belajar mandiri menjadikan siswa berbeda. Sementara itu, teknik validitas exter- dapat memecahkan sebuah masalah. Siswa nal triangulation dilakukan dengan cara menjadi terbiasa dalam memecahkan sebuah membandingkan laporan dari berbagai infor- masalah ketika melakukan pekerjaan. Se- man. Teknik analisis data yaitu model inter- lanjutnya, menurut Jonassen , p.


Apabila mampu memecahkan sebuah masalah, siswa lebih cepat dalam mengerjakan sebuah pekerjaan apabila menjumpai masalah yang sama. Siswa yang mampu memecahkan masalah yang di- hadapi secara tidak langsung telah mendapat- kan sebuah kompetensi. Prakerin digunakan sebagai tempat belajar pada aspek budaya dan sosial.


Proses Gambar 1. Hal ini mengakibatkan p. Penerapan kompetensi pada setiap daerah sangat berbeda dengan daerah lain. Kegiatan oleh niat atau motif untuk menguasai sesuatu tersebut dimulai dari awal kegiatan sampai kompetensi guna mengatasi sesuatu masalah, akhir kegiatan. Siswa Prakerin menggunakan dan dibangun dengan bekal pengetahuan atau beberapa strategi belajar dalam mendapatkan kompetensi yang telah dimiliki.


Siswa belajar melalui lingkungan kerja. Siswa belajar menggunakan pancain- Siswa dapat mengadopsi perilaku karyawan dera.


Siswa melakukan pengamatan, pende- yang sesuai, dan membuang jauh-jauh peri- ngaran, diskusi serta mecoba secara langsung. Dampak yang di- Siswa melakukan kegiatan tersebut meng- timbulkan di lingkungan kerja sangat besar, gunakan panca indera yang dimiliki. Orang sehingga siswa mampu merasakan bagaimana dapat memperoleh sebuah pengetahuan baru kondisi sebenarnya di lapangan.


Pernyataan Clayton , p. Salah satu metode belajar yang dengaran, penciuman, rasa, dan raba. Hal tersebut dilakukan mecahkan masalah yang dihadapi. Solusi ter- siswa ketika mereka mengikuti Prakerin. Pola sebut dapat digunakan lagi apabila menemui pekerjaan yang sama memudahkan siswa da- masalah yang sama.


Pernyataan tersebut lam memahami pekerjaan tersebut. Interaksi tersebut hanya menemukan solusi setiap masalah, terjadi sesama siswa, siswa dengan guru tetapi mampu mengenali masalah serupa pembimbing, siswa dengan teknisi ataupun dikemudian hari untuk mengurangi usaha siswa dengan pembimbing industri. Interaksi yang diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut diperlukan siswa dalam melakukan transfer pada waktu tersebut. Siswa mudah mendapat- Siswa belajar mandiri.


Selain belajar kan sebuah kompetensi apabila hubungan melalui pembimbing, siswa juga melakukan yang terjalin sesama siswa, siswa dengan guru belajar mandiri untuk memperoleh kompe- pembimbing, siswa dengan teknisi ataupun tensi di tempat Prakerin.


Belajar mandiri dila- siswa dengan pembimbing industri berjalan dengan baik. Berdasarkan pernyataan Helmut ja sama, dan bersosialisasi. Interaksi siswa Nolker dan Eberhard Schoenfeldt, siswa dengan guru pembimbing industri dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan, melalui bertanya dan berkonsultasi, sedang- peragaan, peniruan dan praktik.


Tahapan ter- kan interaksi guru pembimbing dengan siswa sebut sama halnya seperti ketika siswa mem- melalui mentoring, membimbing, mengarah- peroleh pekerjaan baru, yaitu: 1 siswa kan dan mengevaluasi. Interaksi yang terjadi mengamati sambil dijelaskan oleh pembim- antarsiswa dengan teknisi maupun pembim- bing; 2 pembimbing memberikan contoh; bing yaitu bertanya, bersosialisasi dan ber- 3 siswa mendiagnosis permasalahan; 4 konsultasi.


Sementara interaksi yang terjadi siswa mulai mengerjakan dalam pantauan antar teknisi maupun pembimbing dengan pembimbing; 5 siswa bertanya jika ada ma- siswa yaitu mem-bimbing, mengarahkan, salah; dan 6 pembimbing mengecek hasil memberi contoh dan mengevaluasi. Siswa mengadopsi sebuah sikap mela- lui kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang dilaku- Akuisisi Kompetensi Siswa kan secara terus-menerus secara bertahap Siswa melalui beberapa proses untuk mempengaruhi terbentuknya sikap pada siswa memperoleh kompetensi di tempat Prakerin.


Siswa setiap hari kompetensi dapat dilihat dari tiga aspek yaitu melakukan kegiatan tersebut yakni berangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pada sesuai aturan jam masuk pada industri aspek pengetahuan siswa melalui beberapa tersebut. Kegiatan itu terjadi berulang-ulang proses yaitu: 1 mengamati; 2 diskusi; dan dan terus-menerus sehingga secara bertahap 3 mencoba.


Pada aspek keterampilan siswa siswa sudah mengadopsi sikap disiplin pada melalui beberapa proses yaitu: 1 siswa dirinya. Hal ini sesuai dengan pendapat mengamati sambil dijelaskan oleh pem- Azwar , p. Pada aspek sikap siswa melalui bebe- tensi siswa saat mengikuti kegiatan Prakerin rapa proses yaitu: 1 tuntutan; 2 adopsi; dan yaitu: 1 pembatasan jumlah dan penilaian 3 terbiasa. Siswa setiap pekerjaan; 5 memberikan kesempatan menggunakan pancaindera dalam memper- praktik langsung kepada siswa; 6 memberi- oleh pengetahuan bekerja.


Pancaindera mem- kan kebebasan kepada siswa untuk belajar; bantu seseorang memperoleh sebuah penge- dan 7 mengadakan evaluasi.


Pengaturan tahuan baru. Pernyataan tersebut sama dengan pembatasan jumlah dan penilaian siswa di- pendapat Notoadmodjo , p. Pembimbingan dan inderaan terhadap suatu objek, baik melalui pengawasan siswa oleh mekanik atau pem- indera penglihatan, pendengaran, penciuman, bimbing merupakan syarat mutlak dari indus- rasa, dan raba. Hal tersebut sama ses awal bagi setiap organisasi yang sukses. Selain itu, dengan pemberian meningkatkan efisiensi kerja, yaitu salah job yang beragam kinerja siswa menjadi lebih satunya dengan melakukan evaluasi yang optimal.


Hal ini senada dengan pendapat dari sinambung continual evaluation. Lebih Waluyo , p. Hal ini berarti apabila karyawan diberi perlu diadakan perubahan-perubahan dalam keragaman keterampilan, maka kinerja karya- kegiatan tersebut.


Pertukaran posisi tersebut dimaksudkan Kompetensi Siswa untuk memberikan pengalaman yang berbeda Setelah mengikuti kegiatan Prakerin kepada siswa Prakerin. Semakin banyak peng- siswa telah mendapatkan kompetensi baru alaman yang didapatkan siswa, kompetensi ataupun mengembangkan kompetensi yang yang didapatkan juga bertambah banyak. Pada aspek pengetahuan, siswa men- Siswa mendapatkan pengetahuan baru ber- dapatkan beberapa kompetensi yaitu: 1 pe- dasarkan pengalaman yang didaptkan melalui ngetahuan tentang dunia kerja; 2 penge- pertukaran posisi yang dilakukan pembim- tahuan bersosialisasi dengan rekan kerja; 3 bing.


Dengan demikian, siswa dapat meng- pengetahuan melayani pelanggan; 4 penge- ambil pelajaran dan tidak mengulang kesalah- tahuan bekerja dalam tim; dan 5 pengetahu- an-kesalahan yang pernah dilakukan. Pada Siswa harus punya tanggung jawab aspek keterampilan, siswa mendapatkan be- terhadap setiap pekerjaannya. Siswa diberi pe- berapa kompetensi yaitu: 1 keterampilan nekanan apabila melakukan kesalahan ber- bersosialisasi dengan rekan kerja; 2 kete- akibat pada semuanya.


Dengan diberi tang- rampilan melayani pelanggan; 3 keteram- gung jawab, siswa berhati-hati dalam melaku- pilan bekerja dalam tim; dan 4 keterampilan kan setiap pekerjaannya serta belajar dari dibidang keahlian ketenagalistrikan.


Pada kesalahan yang pernah diperbuat. Siswa Prakerin adalah karena ditempat kerja terdapat peraturan; 2 sebagai bawahan yang dipimpin oleh seorang terbiasa bekerja keras dengan jam kerja yang pembimbing industri. Salah satu tugas pemim- dibatasi; 3 memiliki tanggung jawab ter- pin, yaitu mampu membimbing bawahannya hadap sebuah pekerjaan; 4 memiliki minat kearah yang lebih baik.


Tujuan tersebut dapat bekerja; dan 5 memiliki minat berwirausaha. Menu- giatan Prakerin dapat dilihat dari seberapa rut Waluyo , p. Semakin banyak kompetensi yang sekali berakibat fatal. Berbagai kesalahan didapatkan siswa, berarti kegiatan Prakerin yang mungkin dilakukan masih terdapat pe- mempunyai manfaat yang besar bagi siswa itu luang untuk diperbaiki dan diberikan kesem- sendiri.


Kompetensi yang didapatkan siswa patan untuk berubah. Gambar 3 merupakan alur proses dunia kerja yang sesungguhnya. Keahlian perolehan kompetensi siswa ketika mengikuti expertise didefinisikan sebagai pekerjaan kegiatan Prakerin di industri. TE-UM online needly. Instalasi Listrik Arus Kuat 3. Jakarta: Binacipta. Situmorang, Sehat P. Modul Instalasi Motor. Lihat contoh pada gambar 3. Di suatu industri biasanya pendistribusian tenaga listrik dibagi atas panel untuk penerangan dan panel untuk tenaga motor-motor.


Biasanya pada panel tenaga diberi pengaman tegangan nol. Dengan terpisahnya panel penerangan dan panel tenaga, maka jika terjadi gangguan pada panel tenaga pada saat pengaman tegangan nol bekerja instalasi penerangan tidak terganggu. Gambar 3. Perlengkapan panel-panel terakhir dilengkapi juga dengan saklar utama. Dalam menentukan perlengkapan-perlengkapan komponen-komponen panel, seperti sakelar, alat pengaman, penghantar dan lainnya, selain harus dianalisa juga disesuaikan dengan PUIL yang berlaku.


Adapun syarat umum tentang komponen yang dipasang pada PHB menurut PUIL , di antaranya adalah sebagai berikut: 1 komponen yang dipasang pada PHB harus dari jenis yang sesuai dengan syarat penggunaannya.


Semua kutub harus dapat dibuka atau ditutup secara serentak. Untuk melaksanakan maksud tersebut, pengelompokan perlengkapan sirkit, menurut , PUIL dijelaskan sebagai berikut: Pada PHB yang mempunyai banyak sirkit keluar fase tunggal dan fase tiga, baik untuk instalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan, gawai proteksi, sakelar, dan terminal yang serupa harus dikelompokkan sehingga: a tiap kelompok melayani sebanyak-banyaknya enam buah sirkit; b kelompok perlengkapan instalasi tenaga terpisah dari kelompok perlengkapan instalasi penerangan.


Hal ini dimaksud agar gangguan pada mesin-mesin tidak mempengaruhi penerangan di tempat itu atau sebaliknya. Kabel untuk pengawatan suatu panel biasanya digunakan jenis NYA. Demikian juga berlaku untuk komponen lainnya, pengaman maupun penghubung. Contoh : Data suatu instalasi tenaga diketahui sesuai tabel 3.


Dari data pada Tabel 3. Gambarkan bagaimana pengelompokan Panel! Jelaskan bagaimana ketentuan pengelompokan beban pada Panel 4.


Jelaskan ketentuan pengawatan Panel Daya! Gambarkan contoh tata letak komponen dalam panel! Pembumian merupakan salah satu factor utama dalam setiap pengamanan perlatan atau rangkaian listrik. Menjamin kerja peralatan listrik atau elektronik b. Mencegah kerusakan peralatan listrik atau elektronik c. Menyalurkan energy serangan petir ke tanah d.


Menjamin keselamatan orang dari sengatan listrik baik dalam keadaan normal maupun dari tegangan sentuh dan tegangan langkah. Besar penampang pentanahan disesuaikan dengan peraturan yang ada. Bila pada PHB utama, rel proteksi terpisah dari rel netral, maka hanya rel proteksi saja yang harus dibumikan. Bila pada PHB sakelar pada saluran masuk dilengkapi dengan sakelar proteksi arus sisa, maka rel netral tidak boleh dibumikan. S Sumber: Prihanto, 18 c Sistem T. BKT instalasi dihubungkan langsung ke electrode bumi sistem tenaga listrik.


Gambar 4. Contoh Tipikal hubungan penghantar proteksi dan penghantar PEN ke rel atau terminal dalam PHB Sumber: Prihanto, 20 2 Contoh Pembumian Sistem IT Bila gawai dari jenis yang terpasang antara setiap fasa dan bumi, maka impedans antara setiap fasa dan bumi dari gawai tersebut harus sama. Ini diperlukan untuk mencegah terjadinya tegangan antara netral dan bumi dalam keadaan normal.


Sistem Pembumian. Jakarta: Erlangga Prihanto, Dwi. Rangkaian Listrik Paralel Yaitu rangkaian listrik yang semua input komponen berasal dari sumber yang sama atau tersusun secara paralel.


Pada rangkaian paralel, nilai tegangannya sama dan nilai arusnya berbeda. Berdasarkan gambar 4. Langkah Kerja Instalasi: 1 Awali kegiatan instalasi dengan doa 2 Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk instalasi 3 Cek alat dan bahan apakah masih berfungsi dengan baik 4 Gunakan keselematan kerja dengan baik 5 Sambungkan kabel seperti pada gambar rangkaian.


Rangkai rangkaian sesuai dengan gambar rangkaian 6 Setelah selesai menginstalasi, lalu lakukan pengecekan kembali pada rangkaian yang sudah dirangkai. Hasil Praktikum ………………………………………………………………………………………. Rangkaian Listrik Seri Yaitu rangkaian yang terdiri dari 2 atau lebih beban listrik yang terhubung ke catu daya lewat satu rangkaian listrik atau terhubung secara seri. Nilai arusnya sama besar. Pada rangkaian seri, nilai arus yang melalui tiap beban sama namun nilai tegangan yang melalui tiap beban berbeda.


Rangkaian Listrik Seri Paralel Yaitu rangkaian listrik yang merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian Listrik Star Yaitu rangkaian listrik yang bentuknya seperti bintang atau memiliki satu titik cabang a. Rangkaian Listrik Delta Yaitu rangkaian yang bentuknya seperti segitiga.


Cara kerja dari rangkaian ini yaitu ketika tombol start ditekan maka motor 3 fasa akan berputar dan jika tombol stop ditekan maka motor akan berhenti berputar. Gambar Rangkaian: a b Gambar 5. Langkah kerja instalasi: 1 Awali praktikum instalasi dengan doa 2 Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum 3 Cek alat dan bahan apakah masih berfungsi dengan baik 4 Gunakan keselematan kerja dengan baik 5 Sambungkan kabel seperti pada gambar rangkaian.


Rangkai rangkaian kendali terlebih dahulu kemudian rangkaian utama 6 Setelah selesai menginstalasi rangkaian kendali dan rangkaian utama, lalu lakukan pengecekan kembali pada rangkaian yang sudah dirangkai. Hubungan Star Motor 3 fasa banyak dipergunakan pada semua mesin industri, baik dengan daya kecil ataupun dengan daya yang besar. Motor 3 fasa dengan satu arah putar dapat dilayani dengan saklar TPST time dole, single throw atau tiga kutub satu gerakan, atau TPDT tetapi tiga terminal tidak digunakan, atau saklar yang fungsinya sama.


Untuk mendapatkan hubungan bintang pada motor dapat dilaksanakan sebagai berikut. Gambar Rangkaian Gambar 5. Langkah Kerja 1 Awali praktikum instalasi dengan doa 2 Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum 3 Cek alat dan bahan apakah masih berfungsi dengan baik 4 Gunakan keselematan kerja dengan baik 5 Lakukan pengawatan seperti pada gambar rangkaian. Hubungan Delta Motor 3 fasa banyak digunakan pada semua mesin industri, baik dengan kecil maupun dengan daya besar.


Hasil Praktikum : ………………………………………………………………………………………. Praktikum 5: Kendali Motor 3 Fasa 2 Arah Putar dengan menggunakan 2 kontaktor Rangkaian ini bertujuan untuk mengendalikan motor 3 fasa dengan kendali 2 arah putar. Terdiri dari rangkaian utama dan rangkaian kendali untuk mengatur kerja rangkaian secara interlocking dan dapat memutar balik arah putaran menggunakan tombol OFF REV FWD.


Gambar Rangkaian: Gambar 5. Rangkaian utama dari motor 3 fasa yang bekerja secara interlocking menggunakan tombol forward-reverse-off. Sumber: trikuerni-desain-sistem. Hal ini bertujuan untuk mengurangi arus start yang besar, yaitu sekitar lima kali arus nominal.


Salah satu cara pengasutan yang paling sederhana adalah mengoperasikan motor dengan urutan bintang- segi tiga star-delta. Untuk mengaplikasikan hubungan star-delta minimal diperlukan dua buah kontaktor di mana bekerjanya secara bergantian, kontaktor ke 2 untuk koneksi motor dalam hubungan star dan kontaktor 1 untuk mengkoneksikan motor dalam hubungan delta.



Comments

Popular posts from this blog

Sample 10 mb pdf file download

Ultra copy free download full version